Powered By Blogger

Rabu, 09 November 2011

Layanan Informasi di Fakultas Psikologi USU

Layanan Pemberian Informasi di Fakultas Psikologi USU

Menurut Winkel, pemberian informasi merupakan salah satu komponen dalam program bimbingan sekaligus salah satu layanan bimbingan. Menurut saya, fakultas psikologi USU dalam memberikan informasi sudah baik, karena sudah sesuai dengan tujuan layanan bimbingan, yaitu membantu orang untuk memahami dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya. Layanan bimbingan yang diberikan oleh pihak kampus psikologi USU sudah sangat membantu seluruh pihak yang terlibat termasuk mahasiswa untuk memperoleh informasi yang up to date, seperti informasi mengenai tugas, lowongan kerja, info pencarian jurnal, dan sebagainya.

Menurut Hoppock, informasi yang disajikan kepada siswa bersifat information use, exploratory use, assurance use, dan evaluative use. Sesuai dengan pendapat Hoppock tersebut, informasi yang diberikan oleh fakultas psikologi USU bersifat, information use dan exploratory use.

  1. Information use adalah informasi yang diberikan sesuai dengan kondisi yang berlaku. Fakultas psikologi USU memberikan informasi yang sesuai dengan kondisi yang ada di fakultas psikologi, misalnya memberi informasi mengenai cara berpakaian yang sesuai dengan aturan yang ada di fakultas psikologi USU.
  2. Exploratory use adalah informasi yang diberikan berguna untuk menyelidiki kemungkinan dalam pilihan, tindakan, dan bentuk penyesuaian diri. Setiap mahasiswa psikologi USU memiliki satu dosen pembimbing yang membantu mahasiswa untuk memilih dan melakukan tindakan yang berkaitan dengan perkuliahan, misalnya dalam hal memilih matakuliah yang akan diambil pada saat pengisian KRS.

Menurut Winkel, terdapat empat bahan pemberian informasi berdasarkan bentuk dan sumber bahan informasi, yaitu; lisan, tulisan, audiovisual, dan disket program komputer.

  1. Lisan. Informasi yang diberikan langsung secara lisan.
  2. Tulisan. Informasi diberikan secara tulisan.
  3. Audiovisual. Informasi yang diberikan dalam bentuk tertulis yang dapat dilihat olehpenerima informasi.
  4. Program komputer. Informasi diberikan melalui alat bantu seperti disket, CD, ataupun yang terkait dengan komputer.

Dari uraian di atas, kampus psikologi USU memberikan informasi menggunakan keempat bentuk pemberian informasi tersebut. Informasi yang diberikan secara lisan, misalnya proses belajar yang dilakukan di dalam kelas. Dosen memberikan informasi mengenai contoh kasus yang terkait dengan pelajaran. Contoh kasus tersebut membantu siswa untuk lebih memahami pelajaran yang sedang berlangsung.

Informasi yang diberikan secara tertulis dan audiovisual, misalnya pemberian informasi melalui mading yang ada di fakultas psikologi. Dan informasi melalui program komputer juga sering diberikan oleh dosen-dosen kampus psikologi USU termasuk oleh pihak dekanat.

Harapan Saya Mengenai Pemberian Informasi di Fakultas Psikologi USU

Dari uraian di atas, tersirat harapan saya untuk fakultas psikologi dalam pemberian informasi, yaitu dapat mempertahankan bahkan bila perlu dapat meningkatkan kualitas pemberian informasi kepada seluruh pihak yang terlibat di kampus psikologi USU, terutama mahasiswa.

Sekian dan Terimakasih^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar