Powered By Blogger

Sabtu, 28 Januari 2012

Hari Terakhir Ujian

Hari ini dengan waktu yang cukup bahkan sangat singkat, mahasiswa MK. KWS Psikologi USU, dapat menyelesaikan ujian dengan sangat maksimal. Hal tersebut karena soal ujian KWS sangat terkait dengan laporan business plan yang telah masing-masing kelompok lakukan.
Walaupun semester ini lumayan berat dan sangat dipadatkan dengan kunjungan sana-sini (setiap mata kuliah ada kunjungan lapangan), namun hal tersebut membuat angkatan 08 semakin akrab. Contohnya: saya. Saya yang dulunya sibuk dengan urusan saya sendiri atau yang tadinya merasakan kesusahan sendiri, sekarang saya merasa tidak sendiri. Saya merasa banyak orang yang juga merasakan apa yang saya rasa.
Semester ini sungguh luar biasa! Baru semester ini saya merasakan yang namanya kuliah! Sungguh, ini lah kuliah yang saya harapkan sejak awal masuk psikologi USU! Semester 1 sampai dengan semester 5 adalah waktu yang membosankan dan menyita banyak waktu dalam memantapkan hati saya di psikologi. Sungguh, saya adalah orang yang tidak suka dengan yang namanya teori, teori, dan teori. Semester 1-5 adalah masa kejayaan teori, sehingga saya merasakan kejenuhan yang luar biasa! Namun, mulai masuk semster 6, saya mencoba membangkitkan SEMANGAT kuliah saya kembali, karena di semester 6 sudah mulai ada kunjungan lapangan, dan di semster 7 ini, luar biasa sangat mengesankan untuk saya pribadi dan mungkin untuk teman-teman seangkatan saya!
Semester 7, diawali dengan MK. KWS, dimana setiap mahasiswa MK. KWS diwajibkan untuk berjualan dan menghasilkan keuntungan sebanyak Rp 5.000,- per orang. Kelompok saya pada saat itu berjumlah 11 orang, sehingga harus menghasilkan keuntungan sebanyak Rp 55.000,- per hari. Ini sungguh membuat saya kewalahan, karena 1 kelompok saya tidak ada yang berjiwa dagang, namun kami tetap melaluinya dan keuntungan tercapai, bahkan melebihi target.
Disusul dengan yang namanya seminar dan insos. Kedua MK tersebut tidak kalah dengan MK. KWS, yaitu sangat mengesankan bagi saya. Saya harus merelakan tidak ikut sidang seminar, dikarenakan kesalahan saya pribadi, yaitu telat mengumpulkan draf selama 2 menit. Keterlambatan tersebut karena mungkin saya tidak siap secara mental atau apalah namanya! Saya terlalu terlarut sama keadaan, terlalu banyak menyia-nyiakan waktu, terlalu dan terlalul lah! Tapi ya sudah lah, nasi telah menjadi bubur! Semoga tidak saya ulangi di semster selanjutnya! Saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang tersisa! Saya akan memfaatkannya dengan sangat baik!
Hem, saya ikhlas merelakan seminar, walau sungguh, pada saat itu saya sangat terpukul dan sangat menyesal! Semangat!
Jumat, 27 Januari 2012 kelas insos pun mengadakan sidang. Hati deg-degan, cemas, dan sebagainya. Tetapi kami, angkatan 08 merasa bangga dapat terlibat langsung ke bagian dari anggota masyarakat, khususnya masyarakat yang kehidupannya mungkin jauh di bawah dari kami semua. Dan saya, mewakili kelompok 1, kelompok pemulung merasakan mafaat yang sangat besar dari MK. Insos, walau harus merelakan seminar. Sedih tapi senang dan bangga! Hehehe ^_^

1 komentar:

  1. NB; Andai semua Mata kuliah memberikan soal ujian yang pernah kami rasakan, alami, atau lalui, saya yakin, pasti ilmunya akan terus tertanam di pikiran, dan perilaku, sama hal nya seperti kita belajar dengan menggunakan teori sosial learning, operant dan clasical conditioning!

    BalasHapus