Powered By Blogger

Rabu, 09 November 2011

Soal Ujian BK

Pertanyaan

1. Terdapat tiga adegan pada halaman 898-913, jawab pertanyaan adegan berdasarkan nomor adegan yang telah ditentukan! (Skor max 25)

2. Bahas adegan yang telah ditentukan dengan menggunakan teori yang ada di buku, sebutkan bab dan halamannya! (Skor max 75)


Jawab

1. Adegan yang saya selesaikan adalah adegan 3 yang terdapat di halaman 909-913. Adegan 3 berisi tentang dua orang yang sedang berbincang-bincang. Dua orang ini baru saja menyelesaikan kuliahnya dan baru saja memperoleh gelar sarjana. Nama dari kedua orang tersebut adalah Eka dan Anita. Anita yang merupakan sarjana psikologi, dan Eka merupakan sarjana Fisika. Di adegan ini, yang mempunyai masalah adalah Eka. Masalah Eka menyangkut masalah yang bergejolak di hatinya dan membuat dia tidak tenang. Masalahnya adalah masalah karena menolak untuk melakukan hubungan sex pranikah dengan mantan pacarnya. Dan pendapat saya mengenai keputusan Eka untuk memutuskan mantan pacarnya adalah saya setuju! Karena buat apa mempertahankan hubungan yang tidak sehat bersama orang yang hanya memikirkan hawa nafsunya^^

2. Menurut saya, adegan 3 tersebut terkait dengan bab 1, 2 dan bab 3. Bab 1-2 pada halaman 1-89 menjelaskan tentang apa itu konseling, manfaat konseling, dan asas-asas konseling. Sedangkan bab 3 pada 91-118 membahas tentang tipe-tepe konseling dan sifat-sifat konseling. Dari ketiga bab tersebut dapat disimpulkan bahwa Eka telah tepat berbincang-bincang dengan orang yang tepat, yaitu Anita yang memiliki ilmu tentang konseling (karena berlatar belakang psikologi). Berbincang-bincang yang dilakukan oleh keduanya sudah termasuk dalam kategori konseling, karena Anita tidak secara langsung memberi arahan kepada Eka, Anita juga tidak memberi saran secara langsung kepada Eka, namun Anita membantu Eka untuk menyelesaikan masalahnya dengan cara terus membiarkan Eka meluangkan isi hatinya. Dengan begitu, Eka merasakan dampak positif dari bincang-bincangnya itu, yaitu memperoleh ketenangan batin dan pikiran, sesuai dengan tujuan konseling, yaitu membantu klien memecahkan masalahnya.

Winkel & Sri Hastuti, 2010: Bimbingan dan Konseling, Media Abadi; Yogyakarta.

Terimakasih^^

2 komentar:

  1. wah...kamu juga jawab di sini ya Yohana..:)
    bagus...!!!

    BalasHapus
  2. hehehe,
    iya bu^^
    tp itu ga jawaban lengkap bu.
    itu hanya kesimpulan jwbn saya^^
    makasih ibu sudah dkomen^^
    :D

    BalasHapus